RSS

Pengertian alur, alur novel dan alur cerpen


Pengertian Alur :
Alur menurut Stanton (dalam Nurgiyantoro, 1995 : 113), adalah cerita yang berisi urutan kejadian, namun tiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat, peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya adalah segala keterangan, petunjuk, pengacuan yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam suatu karya sastra.



 Di sini sudah dijelaskan ya, bahwa alur menyebabkan keterkaitan keterangan, petunjuk dengan setting waktu dan tempat. Artinya, keterangan atau petunjuk atau deskripsi akan suasana, dan keadaan kejadian dengan keterangan tempat dan waktu harus sesuai dan seiring dalam membangun citra deskripsi itu sendiri.

Keterkaitan ini bagaikan batu bata dan lapisan semen yang saling selaras dalam pembangunan cerita. Bisa kita bayangkan bila setting waktu adalah malam hari, namun suasana yang dideskripsikan adalah suasana terang benderang dengan matahari yang bersinar terang. Tentu citra deskripsi cerita itu akan hancur karena ketidak-terkaitnya keterangan dan kejadian.

Maka pentinglah bagi kita untuk menyelaraskan semua komponen cerita yang saling berkaitan itu pada suatu bangunan yang utuh dan kokoh cerita.

Sumber berita di sini


0 Responses to "Pengertian alur, alur novel dan alur cerpen"

Posting Komentar

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

 

Follower

Anda Pengunjung ke

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors