RSS

Cara Menggambarkan Watak Tokoh Cerita yang Dahsyat


Karakter tokoh - Halo kawan pembaca sekalian, kali ini kita akan mencoba membuat tokoh yang dahsyat untuk cerita kita. Bagaimanapun juga tokoh yang unik dan dahsyat akan membuat cerita dan cerpen kita akan semakin menarik dan semakin terlihat hebat. Pada dasarnya karakter yang baik bagi cerita kita adalah karakter yang semua bagiannya menyatu dan sesuai. Apa saja bagian-bagian karakter yang harus menyatu itu?


Berikut bagian-bagian karakter cerita yang harus menyatu sehingga membentuk karakter yang baik beserta penambahan tips agar karakter tersebut terlihat dahsyat.

1. Nama
Pemilihan nama sangat penting dan sangat mempengaruhi imajinasi pembaca. Ketika pembaca pertama kali tahu bahwa tokoh kita bernama 'Bejo', mereka langsung bisa mengartikan bahwa kemungkinan besar tokoh kita berkarakter kurus, miskin dan merupakan penduduk desa atau orang desa yang baru ke kota. Tentu saja hal seperti ini merupakan penghematan karena tanpa kita tulis panjang lebar pembaca sudah bisa tahu beberapa bagian dari karakter tokoh kita itu.

Maka nama yang sebaiknya kita pilih adalah nama yang sebisa mungkin bisa menjelaskan bahwa tokoh kita ini gendut atau kurus, modern atau klasik, keren atau tidak, cakep atau jelek, baik atau jahat dan sebagainya.

2. Tampilan Fisik
Kita bisa menjelaskan betapa unik dan berkarakternya tokoh kita ini dengan menerangkan ciri-ciri fisik tertentu dari dirinya kepada para pembaca. Misalnya saja hidungnya yang pesek atau mancung serta lehernya yang jenjang atau lunglai.

3. Sifat dan Watak
Kalau masalah sifat dan watak, kita bisa menampilkannya dalam beberapa perilaku, perkataan dan cara berpikir.

Agar terlihat berpadu atau ngeblend dengan baik, unsur karakteristik tokoh bisa kita masukkan dalam kalimat beralur seperti pada paragraf berikut ini :

"Baru dua hari ini aku mengenalnya. Ketika berkenalan kemarin dia terlihat anggun dan sangat sopan. Kata tetangga sekitar Amira memang gadis yang sopan dan jarang keluar rumah. Tapi hari ini, kami sekampung dibuatnya berkerumun di rumahnya dan mendapati dirinya berteriak-teriak sambil terus memukuli Aldi, warga kami yang masih SMP itu".
Dalam contoh di atas terdapat kalimat pendukung jalannya alur, yaitu alur maju. Ada juga kalimat yang menjelaskan karakter sang tokoh Amira.

Karakter tokoh sangat penting sebagai pembangun cerita yang menarik dan berkesan di hati pembaca.


2 Responses to "Cara Menggambarkan Watak Tokoh Cerita yang Dahsyat"
bredmart mengatakan...

Contoh tulisannya ada tidak? Biar pembaca lebih paham. Terima kasih.


14 Januari 2016 11.26
Putrowangi mengatakan...

Contohnya silahkan simak cerpen sederhana kami,di http://novel-is.blogspot.co.id/2013/11/contoh-cerpen-pendek-helkois-helikos.html


20 Februari 2016 22.40

Posting Komentar

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

 

Follower

Anda Pengunjung ke

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors