RSS

Menemukan ide cerita dan menentukan tema cerita untuk cerpen dan novel


Assalamu'alaikum,,




Biasanya sebelum menulis, kita bingung. mau nulis apa ya.. ini artinya kita sedang tidak memiliki ide untuk dituangkan.

Apa ide tidak bisa kita dapatkan? apa tidak bisa kita usahakan?



Tentu saja bisa. Kita bisa berusaha agar mendapatkan ide atau gagasan untuk menulis. Berikut beberapa tips dalam usaha memunculkan ide untuk tema cerita kita.

1. Jangan memenjarakan pikiran dalam satu pertanyaan saja "apa yang akan saya tulis?", mulailah melebarkan imajinasi dengan beberapa pertanyaan berikut :
- Sekarang lagi trend apa ya?
- Sekarang lagi musim apa ya?
- Tadi bu Maemunah marah-marah di kelas kenapa ya?
  Atau bahkan hal-hal remeh yang kita temui tadi siang,
- Tadi ada ribut-ribut di jalan ada apa sih? masakan demo? atau tabrakan? atau cuma anak-anak liat topeng monyet?

Pertanyaan-pertanyaan kecil ini jika kita telusuri dengan imajinasi kita, akan menimbulkan aluran cerita yang bisa kita kembangkan menjadi konflik-konflik asik untuk cerita kita.

2. Tema, ada penulis yang tema tulisannya selalu up to date dan selalu tentang hal baru yang sedang ngetrend, sedang rame-ramenya, sedang naik daun. Penulis macam ini mungkin adalah penulis yang terlalu mudah terbawa suasana, atau mungkin juga dia adalah seorang penulis yang kejar target, entah target penjualan ataupun target ketenaran, ada juga yang dikejar target pesanan. Kebanyakan penulis macam ini kurang terlihat karakter dan gaya penulisannya.

Ada juga penulis yang tidak tersentuh trend, mereka menulis apa yang ingin ditulis tanpa pengaruh trend. Kalau sedang ingin menulis tentang berkebun, walau tidak ada prospek hasil, dia akan tetap mengambil tema itu. Biasanya penulis model ini bergaya, berbusana dan berbicara dengan cara yang berbeda dengan kebanyakan orang. Nyentrik, biasanya seniman itu nyentrik, begitulah kata orang.

Jangan berfikir tentang karakter dulu. Ini hanya wawasan, sebagai pertimbangan, mau ambil tema yang sedang IN atau mau menemukan tema-mu sendiri. Tidak ada yang salah di antara keduanya. Kamu bebasa memilih.

Teruslah menulis, karakter itu akan muncul dengan sendirinya karena Allah telah mempersiapkannya untuk mu. Amin

3. Selalu Up date
Banyak-banyaklah membaca, nonton film, mendengarkan musik, menyimak berita dan dialog, melihat foto-foto yang menarik dan memperhatikan hal-hal kecil yang di dalam maupun yang di luar diri kita. Karena semakin banyak wawasan, maka semakin lebarlah imajinasi kita akan cerita-cerita yang memiliki beraneka tragedi, berjuta warna dengan bermacam gaya.

Sudah terbukti bahwa banyak membaca sangat bermanfaat bagi pendapatan ide-ide bagus bagi seorang penulis, seperti yang sudah di bahas (klik) di sini.

NB :
Air yang akan dikeluarkan sebuah teko adalah air yang kita masukkan ke dalamnya. Ide yang akan keluar dari otak kita adalah hasil dari apa-apa yang kita masukkan ke dalamnya.
- Membaca buku yang baik akan membuat otak kita memiliki ide-ide yang baik.
- Menonton film yang baik akan membuat otak kita memiliki ide-ide yang baik.
- Melihat gambar yang baik akan membuat otak kita memiliki ide-ide yang baik.
- Memperhatikan hal-hal kecil yang baik akan membuat otak kita memiliki ide-ide yang baik.
- Mendengarkan suara/ucapan yang baik akan membuat otak kita memiliki ide-ide yang baik.


0 Responses to "Menemukan ide cerita dan menentukan tema cerita untuk cerpen dan novel"

Poskan Komentar

Baca juga yang ini

 

Follower

Anda Pengunjung ke

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors