RSS

Buku Online. Kelebihan dan Kekurangan Buku Online


Buku Online. Buku Online semakin digemari akhir-akhir ini. Betapa tidak, kita bisa beli buku hanya dengan menyalakan laptop dan mengoneksikannya dengan internet. Kita bisa melihat-lihat dan memilih-milih buku yang kita inginkan di stok kategori tertentu di web penjualan buku tertentu. Jika telah ditentukan buku yang cocok, kita tinggal melakukan pembelian dengan langkah-langkah sesuai dengan petunjuk pembelian di web tersebut. Namun adakah sisi negatif membeli buku online dengan cara ini? Mari kita bahas bersama.


Kelebihan membeli buku online adalah kepraktisan yang telah dijelaskan sebelumnya. Kita bisa dengan santai memilih-milih buku yang terpajang di layar monitor laptop, PC atau bahkan gadget mobile kita. Pembayaran pembelian buku online juga bisa sangat praktis ketika kita menggunakan mobile banking atau internet banking. Lalu kita tinggal menunggu buku favorit sampai di rumah kita 2 atau tiga hari kerja kemudian. Saat menunggu buku online kita datang dan apalagi ketika buku baru sampai ke tangan kita, ada sensasi pengalaman berbeda di hati kita. Tentu saja hal ini menjadi nilai tambah bagi kita untuk membeli buku online daripada membeli buku di toko buku di kota anda.

Dengan beli buku online kita juga bisa menghindari beberapa hal yang tidak kita sukai. Seperti berdesakan ketika toko buku di kota anda sedang ramai-ramainya. Atau ketika anda harus berlama-lama sampai kaki pegal memilih-milih buku yang anda tuju dan tidak kunjung ketemu, dan ternyata memang toko-toko buku di kota kita tidak menjual buku yang kita cari. Dan juga tentu saja dapat menghindari macet di jalan.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapat, pasti ada juga resiko kerugian dalam saat kita beli buku online. Transaksi dengan Toko Online pada umumnya memiliki resiko di penipuan. Yang sering terjadi adalah pembeli tergiur dengan diskon murah, terutama material gadget, sehingga kurang memperhatikan pertimbangan keamanan transaksi. Hasilnya barang pesanan tidak kunjung sampai setelah harga dan ongkos kirim ditransferkan. Buku online memiliki potensi penipuan yang sangat minim. Hal ini bisa jadi karena nilai transaksinya yang kecil, sehingga minat para penjahat untuk melakukan penipuan buku online juga kecil.

Namunpun begitu, sebagai pembeli yang cerdas anda pasti akan tetap waspada dan teliti dalam membeli. Tidak hanya pada resiko penipuan, tetapi juga pada kualitas buku secara detail. Info-info tentang buku yang akan anda beli sebaiknya dibrowsing terlebih dahulu. Misal tentang siapa penjualnya, siapa dan bagaimana penulisnya, tentang buku-buku lain yang ditulis penulis tersebut, bagaimana komentar para pembaca sebelumnya, bagaimana kualitas kertasnya dan sebagainya. Hal-hal itu juga bisa kita cari di internet, maka luangkanlah waktu untuk mencari info-info tersebut sebelum membeli buku yang telah kita pilih.

Misalnya saja kita beli buku online tentang materi kuliah kita, carilah info buku apa yang relevan, bagaimana komentar para mahasiswa yang telah membeli buku tersebut. Apakah bahasa pembahasan penulis mudah dipahami atau tidak, lengkap atau tidak, nyambung atau tidak dengan materi yang kita inginkan. Sangat sayang bila mahasiswa yang kebanyakan sangat menghemat keuangan, setelah membeli buku kuliah yang dibutuhkan dengan sejumlah uang, namun buku yang dibeli tidak mudah dipahami. Hal ini-lah yang membuat kita tertuntut untuk sangat teliti sebelum beli buku online.

Sekian artikel tentang buku online. Semoga kita bisa benar-benar memanfaatkan internet untuk hal-hal yang aman dan bermanfaat.


1 Responses to "Buku Online. Kelebihan dan Kekurangan Buku Online"
www.jualanbukumakassar.com mengatakan...

Mantap artikelnya


17 Mei 2016 pukul 22.08

Posting Komentar

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

 

Follower

Anda Pengunjung ke

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors