RSS

Cerita asyik punya rahasia unik dalam cara pembuatannya


Cerita asik seperti Harry Potter, Laskar Pelangi dan Supernova masih saja mampu menarik perhatian kita. Masih saja kita ingin membacanya walau sudah puluhan kali buku itu kita bolak-balik lembar demi lembarnya. Kok bisa ya menulis cerita jadinya asik banget seperti itu? Bagaimana caranya? Apa yang dimiliki cerita asik yang tidak dimiliki cerita lain?

Cerita asik punya rahasia-rahasia tersembunyi dibalik pembuatannya. Di sinilah rahasia-rahasia itu akan kita bongkar.



Seperti yang sudah kita bahas (klik) di sini bahwa unsur cerita pada dasarnya ada dua, tokoh dan kejadian. Sudah kita bahas pula (klik) di sini bahwa tokoh adalah ruh cerita yang mampu menghidupkan cerita, yang mampu membawa pembaca kepada kejadian yang dialaminya, dirasakannya atau dilihatnya dalam cerita itu.

Itu fungsi tokoh dalam cerita, lalu apa fungsi kejadian dalam sebuah cerita. Ini lah kunci keasikan cerita. Kejadian berfungsi sebagai pengembang tema hingga membentuk cerita yang unik dan menarik. Para pembaca biasanya bilang asik.

Coba saja kita baca dengan kejadian-kejadian yang biasa seperti cerita tentang seorang anak tiri yang menderita oleh ulah ibu tirinya, lalu kita baca cerita Harry Potter yang penuh akan kejadian-kejadian unik dan aneh di dalamnya.

Maka, jika kita ingin membuat cerita yang unik dan asik, buatlah serangkaian kejadian-kejadian yang aneh, berbeda dan menarik untuk tokoh kita dalam cerita itu. Atau setidaknya kita harus membuat pembaca percaya bahwa kejadian itu menarik untuk disimak.

Silahkan mengimajinasikan berjuta kejadian aneh yang menarik untuk tokoh-tokoh dalam cerita-cerita kita.


Salam semangat.




0 Responses to "Cerita asyik punya rahasia unik dalam cara pembuatannya"

Posting Komentar

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

 

Follower

Anda Pengunjung ke

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors