RSS

Masalah menulis dan hal-hal yang perlu dihindari penulis pemula


     Penulis pemula ternyata masih perlu menjauhi beberapa hal. Masalah menulis ini berupa berbagai macam masalah intern penulis maupun masalah external. Salah satunya adalah tulisan terasa datar dan menjenuhkan pembaca. Terasa kurang bumbu dan hambar.



Hal ini seringkali dikarenakan penulis begitu ambisius memaparkan kejadian-kejadian yang ada sehingga mengesampingkan rasa. Rasa yang dimaksud di sini adalah pergolakan jiwa terhadap permasalahan dan konflik yang dialami si tokoh dalam cerita.

Penulis kurang mendeskripsikan konflik karena sibuk dengan berbagai kejadian. Inilah jika kita terlalu banyak memasukkan kejadian-kejadian untuk cerita kita. Bumbu-bumbu seperti konflik, penokohan, dan keunikan latar menjadi terabaikan.

Apalagi bila cerita telah kehilangan klimaks, tentu saja sudah tidak ada lagi puncak (maaf) organsme pembaca. Ini bisa mengurangi ketertarikan pembaca.

Maka alangkah baiknya bila dalam suatu cerita, kita ambil satu atau dua kejadian saja yang selanjutnya kita kupas habis dengan segala konflik lahir-batin yang mampu membuncahkan rasa pembaca. Rasa gelora hati inilah yang nantinya menjadi daya tarik karya kita bagi pembaca.

Semangat selalu.


0 Responses to "Masalah menulis dan hal-hal yang perlu dihindari penulis pemula"

Poskan Komentar

Baca juga yang ini

 

Follower

Anda Pengunjung ke

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors