RSS

Menulis cerita itu gampang lho.. Jangan merasa sulit


Menulis cerita, banyak sekali orang ingin bisa melakukannya. Namun keinginan itu seringkali tidak terlaksana dengan berbagai sebab, diantaranya, kurang pede, merasa tidak bisa, dan putus asa.

Padahal menulis itu mudah, asal tahu kuncinya. Segala hal juga seperti itu, akan menjadi mudah jika kita telah memiliki kuncinya.

Kali ini akan kita bahas dua kunci yang bisa membuat kita merasa pede dalam menulis cerita. Kunci pertama adalah kunci untuk membuat cerita. Setelah bisa membuat cerita, kita akan membahas kunci ke dua tentang bagaimana membuat cerita yang berkualitas.

Kunci No.1 Membuat cerita
Seperti yang sudah dibahas (klik) di sini, bahwa cerita pada dasarnya adalah kejadia yang dialami tokoh. Bisa juga dibilang tokoh yang mengalami kejadian. Jadi ada dua unsur yang harus ada di dalam sebuah cerita, yaitu tokoh dan kejadian. Tokoh "A" yang mengalami kejadian "Z" dan Kejadian "Z" yang dialami oleh si tokoh "A". Kedua-duanya harus masuk dan menyatu dalam harmoni kata, maka cerita itu ada.

Mudah bukan, tentukan saja tokoh yang seperti siapa yang kamu inginkan. Pilih saja kejadia yang seperti apa yang kamu ingin tokoh itu alami.

Bisa juga kita mulai dari kejadian. Tentukan dulu kejadian yang seperti apa yang ingin kamu ceritakan. Lalu pilih korban yang seperti siapa yang akan mengalami kejadian buatanmu itu.

Ceritakan saja apa-apa yang dialami si tokoh, kejadian di rumah tokoh, kejadian di mobil tokoh, kejadian di dalam hati tokoh, kejadian percakapan antara tokoh satu dan tokoh yang lain dan sebagainya.

Kunci pertama sudah kamu dapatkan, silahkan mulai menulis.

Kunci ke dua menyusul yah..  ^_^


0 Responses to "Menulis cerita itu gampang lho.. Jangan merasa sulit"

Posting Komentar

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

 

Follower

Anda Pengunjung ke

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors